Cara Menjilid Buku Sendiri (Bookbinding)

7:47 PM

Beberapa waktu yang lalu saya perhatikan Qina senang sekali membaca buku ilustrasi yang saya beli seperti the stories of choo-choo ataupun nkcthi . Padahal buku-buku tersebut bukanlah buku khusus anak-anak, yang satunya pakai bahasa Inggris dan yang satunya lagi bahasanya dalem banget. Rasa-rasanya gak bakal paham juga. Selain itu, buku bergambar yang memang buat anak-anak sudah banyak saya belikan tapi tampaknya tidak terlalu seminat buku-buku  saya yang tadi. 

Jika diperhatikan memang dua-duanya punya kesamaan yaitu sama-sama memiliki ilustrasi yang sederhana. Aah.. saya simpulkan mungkin "selera"nya memang seperti itu. Karena itulah saya keidean untuk mencoba bikin buku ilustrasi sendiri yang nantinya akan saya berikan buat Qina. Yang semoga saja dia suka dan sekalian ini diperuntukan agar minatnya pada buku meningkat. 

Untuk ide cerita ilustrasinya saya coba membuat tentang keseharian Qina, seperti cerita tentang bagaimana paginya dimulai sampai sore harinya nanti. Medianya menggunakan kertas cat air ukuran A4 yang dilipat dua. Lembarannya belum terlalu banyak memang karena masih di tahap percobaan. Setelah ilustrasinya dirasa cukup, saya pun melanjutkan dengan menjilidnya untuk menjadikan buku.



Yuk.. dimulai bookbinding-nya..

Bahan-bahan :

  • Benang dan jarum jahit
  • Lem pva (lem Fox)  
  • Kuas
  • Klip
  • Pemberat, saya menggunakan buku
  • Kertas berwarna 2 lembar
  • Karton board
  • Kertas kado

 Cara membuat : 

Langkah 1 : Lipat dualah kertas-kertas yang akan dijilid. Buatlah beberapa lubang dengan jarak yang sama pada lipatan tengahnya. Saya membuat 8 lubang dengan jarak antar lubang 2,5 cm. Untuk ini bisa disesuaikan menurut keinginan masing-masing ya..


Langkah 2 : Jahitlah kertas-kertas tersebut. Mulailah dengan menjahit satu kertas atau bisa juga beberapa kertas yang sudah dikelompokkan sebelumnya. Masukkan benang dari bawah dan mulailah dari lubang paling ujung. Masukkan kembali benang ke lubang sebelahnya dan berlanjut terus sampai lubang paling ujung. Setelah itu, lakukan kembali dengan arah sebaliknya sampai mencapai lubang awalan tadi. Setelah itu, buatlah simpulan dan posisikan kembali benang ada di bagian bawah.


Langkah 3 : Ambil kertas selanjutnya dan masukkan benang pada kertas pertama tadi ke lubang kertas kedua. Tariklah benang sehingga kertas-kertas tersebut bisa menyatu. Selanjutnya masukkan benang tadi ke lubang sebelahnya. Lalu buatlah simpul dengan benang yang ada pada kertas pertama. Setelah itu, masukkan kembali benang tersebut ke lubang yang sama seperti sebelumnya. Lalu lanjutkan kembali ke lubang sebelahnya dan buatlah kembali simpul dengan kertas pertama. Lakukan terus sampai ke lubang paling ujung. Setelah selesai lakukan hal yang sama dengan kertas-kertas selanjutnya.


Langkah 4 : Setelah proses jahit-menjahit selesai, dilanjutkan dengan mengelem bagian jahitan tadi. Tapi sebelumnya berilah pemberat agar posisi kertas-kertas tersebut bisa rapat dan tidak berubah. Salah satu benda yang bisa digunakan sebagai pemberat adalah buku yang cukup tebal dan juga berat. Selain itu kita juga bisa menggunakan bantuan klip agar posisi kertas tidak berubah. Setelah posisi kertas sudah benar, lemlah bagian kertas yang dijahit tadi. Gunakan kuas agar proses pengeleman lebih rata. Lalu tunggulah sampai lem kering.


Langkah 5 :Ambil kertas berwarna dan lipat menjadi dua seukuran kertas buku. Lalu lemlah sedikit di bagian ujungnya. Lakukan hal yang sama untuk bagian belakang buku. Selanjutnya lem kertas yang lebih berukuran kecil yang menghubungkan bagian depan dan belakang buku. Setelah itu berilah pemberat dan tunggu sampai lem kering


Langkah 6 : Selanjutnya kita akan membuat cover bukunya. Ambillah karton board dan potong seukuran buku sebanyak dua buah. Selain itu,  potong juga seukuran sisi buku. Selanjutnya rekatkanlah pada kertas kado. Setelah lem kering, cover tersebut bisa direkatkan pada buku dengan menempelkannya dengan kertas berwarna tadi. Setelah dirasa cukup rapi, selanjutnya berilah pemberat dan tunggulah sampai lemnya kering.

Dan sekarang..tadaaa...bukunya pun sudah jadi...
Ternyata ada kepuasan tersendiri dengan menjilid buku sendiri. Walaupun ini pengalaman pertama saya juga, tapi cukup gampang dan menyenangkan loh.. Semoga kamu juga menikmatinya yaa.. Enjoy..!!



You Might Also Like

0 comments

INSTAGRAM @VIVIMACHZERY

Subscribe